Tips Sukses Dengan Usaha Keluarga

Bisnis keluarga bisa menjadi sumber utama pendapatan keluarga. Pendapatan inilah yang nantinya akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika dulu anda disibukkan mencari ide usaha yang cocok dengan keluarga, maka tuntutan yang harus disikapi selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan usaha tersebut agar tetap eksis dan memiliki daya saing yang tinggi.

Mempertahankan eksistensi bisnis keluarga tidaklah semudah seperti apa yang kita bayangkan. Dibutuhkan tenaga dan pikiran yang fokus dan professional agar usaha tersebut mampu berkembang.

Bisnis keluarga haruslah bisnis yang tidak habis digerus zaman. Jenis bisnis harus benar-benar mampu diterima oleh masyarakat setiap tahunnya. Dan bisnis keluarga inilah yang akan anda wariskan kepada anak cucu anda nanti. Jadi segera pikirkan dari sekarang tentang jenis usaha dan bagaimana menanganinya secara professional.

Untuk itu, ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan supaya penerus pengolah bisnis anda nanti mampu bertahan.

Siapkan Kader Pengusaha Yang Tangguh

Layaknya sebuah organisasi besar, keluarga pun demikian. Ada kepala keluarga dan juga anggota keluarga. Maka ketika pemimpin keluarga sudah memiliki usaha, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kader pengusaha. Hal ini sangat tepat guna menyikapi apabila sewaktu-waktu anda wafat.

Merintis kader inilah yang sedikit lebih sulit ketimbang memulai usaha. Pasalnya, tidak semua kader memiliki pemikiran yang sama tentang suatu bisnis. Beberapa kasus yang terjadi yaitu keturunan pengusaha ternyata tidak mau menjadi pengusaha juga. Ia lebih memilih bidang lain yang dirasa cocok oleh dia.

Untuk menyikapi hal itu, anda harus mendidik atau memperkenalkan calon kader anda nanti kepada usaha yang sedang anda tekuni. Jika bisa sejak usia dini anak sudah disiapkan menjadi calon pengusaha. Jadi yang anda perlukan adalah melatihnya dengan mental pengusaha, pola pikir pengusaha yang baik.

Bedakan Kepentingan

Setiap individu tentu memiliki kepentingan yang berbeda. Begitu pula dalam keluarga. Meskipun usaha anda dibesarkan dalam lingkup keluarga, sebisa mungkin harus dipisahkan antara kepentingan keluarga dengan kepentingan kemajuan usaha anda.

Ini harus dilakukan supaya bisnis yang sedang anda kelola bisa berjalan secara professional. Khususnya masalah waktu, ini masalah yang paling fatal dan seringkali dianggap remeh. Maka sebelum terlambat, segera atur jadwal kerja anda dan kapan waktunya untuk keluarga. Antara keduanya harus tetap imbang karena bagaimana pun juga, keluarga harus tetap diutamakan.

Jangan Abaikan Komunikasi

Komunikasi antar keluarga itu mutlak perlu. Hal ini berguna untuk memperlancar jalannya usaha dan menghindari adanya kesalahpahaman atau perselisihan. Komunikasi yang efektif justru akan mampu memajukan usaha anda. Sebab, dalam perjalannya suatu usaha pasti menemukan masalah. Nah, untuk memecahkan masalah ini dibutuhkan orang yang mau mendengarkan keluh kesah kita. Jadi jangan abaikan komunikasi karena bisa jadi usaha anda lebih maju dengan adanya komunikasi tersebut.

Dengan memperhatikan tiga hal tersebut, insyaallah usaha yang sedang anda jalani bersama keluarga bisa menjadi sumber pemasukan yang luar biasa. Untung-untung bisa berkembang lebih besar. Jika ada yang perlu ditanyakan langsung comment aj dibawah, atau ingin sekedar menambahkan tipsnya silahkan.

Semoga bermanfaat !

About the Author: