Menyulap Hobi Menjadi Peluang Usaha Tiada Mati

Tidak diragukan lagi sampai saat ini banyak sekali pengusaha muda yang sukses dengan mengawali usahanya dari hobi yang dijalaninya sehari-hari. Sebagian ada yang hobi mengoleksi barang antik kemudian setelah ditekuni ia menjadi pengusaha barang antik.

Namun ada juga yang sekedar suka makan, minum justru menimbulkan rasa penasarannya terhadap jenis makanan atau minuman dan akhirnya menjadi pengusaha makanan. Tidak peduli siapapun itu baik yang berpendidikan maupun yang tidak pernah menjamah bangku sekolah sekalipun tetap mampu berkreasi dengan hobi yang ditekuninya.

Usaha yang berawal dari hobi tidaklah sulit untuk dilaksanakan. Usaha yang bermula dari hobi kadang merupakan ide bisnis yang luar biasa dahsyat untuk laku dipasaran, karena biasanya usaha yang bersumber dari hobi ini didasari oleh kecintaan atas pekerjaannya sehingga sang pemilik selalu bersemangat untuk menyempurnakan kekurangan ide bisnisnya.

Nah… sekarang timbul pertanyaan,

Apakah Semua Hobi Bisa Dijadikan Usaha Yang Beromset Milyaran Rupiah Perbulannya ?

Tentunya Tidak Semuanya Donk…

Baiklah untuk lebih baiknya saya ada sedikit tips untuk mengetahui jenis hobi yang gimana yang mampu dikembangkan menjadi peluang usaha.

a. Long Life Hoby

    Maksud dari long life hoby disini adalah hoby yang selalu mendatangkan kesenangan jika dilaksanakan secara terus menerus. Jika anda memiliki hobi seperti ini maka anda sudah memiliki satu jenis hobi yang siap dikembangkan menjadi usaha besar.

    Tapi hendaknya anda teliti lagi, jika anda merasa bosan saat melaksanakan hobi tersebut maka berarti anda belum memiliki tips yang pertama.

    Kenapa harus mendatangkan kesenangan?

    Untuk menjadikan suatu hobi sebagai usaha yang besar anda dituntut untuk mengerjakannya berulang-ulang dan secara bertahap. Karena disaat anda berjalan nanti tentunya akan menjumpai berbagai macam pelanggan yang berbeda dan anda dituntut untuk selalu mengerjakannya dengan hasil yang maksimal.

    Intinya, hobi itu harus suatu yang awet dan tidak mudah basi. Disinilah kreatifitas pengusaha diasah.

    b. Hobi Yang Mahal

      Yang saya maksud dengan “Mahal” disini adalah hobi yang memiliki nilai tambah dari usaha yang lain. Hal ini guna menarik pasar, semakin mahal nilai hobi tersebut bisa jadi harga yang diberikan kepada pasar pun harus besar.

      Berapapun harga yang anda patok terhadap hobi anda pembeli tidak akan kecewa mengeluarkan biaya untuk membelinya. Riset pasar memang dibutuhkan untuk meneliti apakah hobi anda itu benar-benar bernilai jual atau bahkan justru tidak bernilai sama sekali.

      c. Hobi Yang Menarik

        Usaha yang berasal dari hobi ini harus menarik, artinya meskipun berusia puluhan tahun anda harus tetap menyenangi hobi tersebut. Karena jika anda kehilangan ketertarikan terhadap hobi anda tersebut maka siap-siap usaha anda juga ikutan roboh.

        Maka teliti kembali, apakah hobi yang akan anda jadikan bidang usaha itu benar-benar akan mengundang ketertarikan anda dalam jangka waktu yang lama. Jika anda tertarik akan hobi tersebut berarti  anda sanggup mengembangkan hobi tersebut meskipun sudah puluhan tahun. Tapi bisa dibayangkan jika kalau usia usaha anda baru 2 tahun ternyata anda sudah tidak tertarik lagi.

        Mungkin tiga tips diatas hanyalah sebagian kecil yang harus dipenuhi sebelum anda merubah hobi anda menjadi peluang usaha yang besar.

        Jika anda memiliki tips lainnya yang berhubungan dengan hobi silahkan langsung saja di tulis di komentar..

        NB : Tips Lengkapnya Silahkan Anda Lihat DISINI

        About the Author:

        5 Comments