BNI Syariah : Bank Syariah Yang Unggul

Kesuksesan suatu perbankan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanannya kepada nasabah. BNI Syariah merupakan perusahaan perbankan yang tergolong baru. Disebut masih baru karena BNI Syariah pertama kali didirikan pada 29 April 2000 dengan cabang di Yogyakarta, Malang, Pekalongan, Jepara dan Banjarmasin. Namun, berkat usaha serta penerapan nilai-nilai (values) dan keyakinan (beliefs) yang menjadi pedoman dalam berperilaku setiap anggotanya, kini BNI Syariah semakin berkembang pesat.

Kepercayaan nasabah terhadap BNI Syariah pun semakin meningkat seiring dengan pemberian pelayanan yang berkualitas. Berbagai penghargaan telah diraih oleh BNI Syariah. Mulai dari penghargaan Banking Service Excellence Awards (2009), ICSA 2010 : The best achieving total customer satisfaction (2010), hingga Indonesia Brand Champion 2011-Brand Equity Champion of Islamic Banking (2011). Penghargaan tersebut tentu tidak didapatkan begitu saja, tapi berkat kerja keras seluruh anggota, BNI Syariah dapat merasakan hal itu semua.

Kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan perbankan syariah terus berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini menunjukkan bahwa jenis pelayanan bank yang berdasarkan syariah memiliki prospek yang cerah. Menyikapi hal tersebut, BNI Syariah menghadirkan jasa yang lebih eksklusif dengan menggunakan pendekatan pribadi yang tetap berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah. Selain itu BNI Syariah juga meluncurkan situs dengan alamat www.bnisyariah.co.id sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat luas untuk dapat mengakses informasi secara online.

Bukan hanya BNI saja yang memanfaatkan tingginya permintaan masyarakat terhadap produk syariah. Bank-bank lainnya pun kini berlomba-lomba memberikan pelayanan yang lebih berkualitas. Semakin tinggi permintaan masyarakat akan tingkat kenyamanan penyedia jasa berbasis syariah maka akan semakin besar pula tingkat kompetisi yang harus dihadapi. Untuk menyikapi permintaan pelayanan tersebut BNI mengambil tindakan dengan memperbanyak cabang disetiap daerah, hingga kini BNI Syariah telah memiliki lebih dari 50 cabang pembantu disetiap daerah, ini menunjukkan keseriusan BNI dalam melayani dan menfasilitasi masyarakat.

Sejak awal beroperasi hingga saat ini, BNI Syariah telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan tersebut dapat diketahui dari semakin meningkatnya laba yang didapatkannya hingga 198,11% pada bulan Juni 2011. Namun, tidak merasa cukup dengan hal itu, kini BNI Syariah terus berusaha untuk meningkatkan pembiayaan produktif dengan dua produk unggulannya yaitu Wirausaha Hasanah dan Hasanah Card.

Untuk mewujudkan visi BNI Syariah yaitu menjadi Bank Syariah pilihan masyarakat yang unggul dalam layanan dan kinerja, maka saat ini BNI Syariah didukung oleh sistem Informasi Teknologi yang modern dan jaringan transaksi yang sangat luas di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan jaringan Kantor Cabang BNI.

Dengan adanya teknologi yang canggih, BNI Syariah selalu bersinergi dengan cabang-cabang BNI konvensional untuk memberikan layanan pembukaan rekening syariah yang dinamakan dengan Syariah Chanelling Outlet (SCO). Selain itu, sebagai salah satu Bank yang menjalankan operasionalnya dengan prinsip syariah seperti Jual Beli (Murabahah) dan Bagi Hasil (Mudharabah), BNI Syariah terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dengan layanan terbaiknya.

Uniknya, bukan hanya masyarakat muslim saja yang menginginkan layanan jenis syariah ini. Namun, golongan masyarakat bukan muslim pun ikut merasakan dampak positif layanan tersebut yang berupa rasa nyaman dan adil, sehingga mereka pun berbondong-bondong memanfaatkan layanan tersebut. Untuk itulah BNI Syariah selalu melakukan peningkatan kualitas produk, baik produk yang berupa dana maupun pembiayaan yang selalu disempurnakan.

Oleh : Mohammad Ismail

About the Author: