5 Strategi Sukses, Unsur Spiritual Marketing

Melanjutkan artikel tentang Spiritual Marketing sebelumnya, kini saya akan sedikit menulis apa yang harus disiapkan untuk memaksimalkan proses marketing bisnis yang anda jalani. Langsung saja ya..

Pada dasarnya, Spiritual Marketing menjunjung tinggi nilai-nilai budi luhur seperti, kejujuran dalam kegiatan memasarkan keunggulan produk. Tidak ada kebohongan dan tidak ada lempar batu sembunyi tangan. Jika barang yang anda jelek atau kurang ada manfaatnya maka harus dikatakan bahwa barang anda itu “kurang bagus” untuk pelanggan, jangan menutupi kejelekan hanya untuk mencari profit.

Kejujuran harus menjadi senjata utama untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Jangan pernah mencoba berbohong dalam berbisnis sebab jika hal itu anda lakukan anda pasti tidak akan dapat bertahan lama. Cintailah konsumen dan calon konsumen anda selayaknya saudara dekat anda sendiri. Jangan biarkan calon pembeli merasa asing dengan anda, untuk itu tampilkan sikap terbaik dalam setiap pelayanan anda.

Nah.. sampai sini tentunya anda bisa menyimpulkan yaitu, jika anda ingin mendapatkan yang terbaik kenapa anda harus menjual barang yang jelek dan tidak berkualitas?. Anda pasti lebih tahu kesimpulan akhirnya.

Ok, mari kita lanjutkan..

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan supaya strategi kita berhasil dengan maksimal?

1. Sensitive Terhadap Perubahan

Perubahan dalam segala segi pastilah akan terjadi. Jika dulu orang tua anda hidup serba kekurangan maka mengapa anda harus seperti itu juga?, jika dulu belum ada teknologi maka sekarang teknologi sudah hampir memenuhi isi bumi.

Nah, perubahan situasi atau lingkungan inilah yang harus anda pahami sehingga anda juga harus ikut berubah untuk menjadi yang terbaik dengan manampilkan berbagai inovasi yang beda dari yang lainnya.

2. Miliki Nama Untuk Usaha Anda

Dagang atau bisnis tidak bisa terlepas dari yang namanya “Nama”. Anda tidak perlu menyogok sana-sini hanya untuk meraih kesuksesan semata. Tampil beda dari pesaing itulah yang akan melekatkan nama bisnis anda dalam pikiran calon konsumen.

3. Pahami Kemauan Customers

Seperti yang telah disampaikan pada artikel sebelumnya, pembeli itu banyak macamnya. Maka anda harus pandai-pandai menentukan siapa target pasar anda. Jika anda menargetkan semua jenis pelanggan, itu akan mempersulit perjalanan anda. Cukup fokuskan usaha anda pada satu jenis pelanggan.

Jangan menjual produk atau jasa pada orang yang tidak membutuhkannya, lebih-lebih anda membujuknya dengan segala macam tipuan. Justru dengan salahnya menargetkan pembeli ini akan menjadikan nama anda rusak dalam berbisnis.

4. Selalu Siap Melayani Pelanggan

Ini merupakan prinsip utama dalam berbisnis. Anda harus selalu siap di saat pelanggan membutuhkan anda. Layanan anda pun jangan terlalu mengada-ada atau melebih-lebihkan hanya untuk membujuk pelanggan. Biarkan pelanggan yang menentukan pilihannya.

Tugas ada hanyalah melayani dan memberikan yang terbaik tanpa ngancam apalagi maksa. Sebab dalam Spiritual Marketing, pelayanan kepada pelanggan adalah ibadah.

5. Bersaing Secara Sehat

Dalam berbisnis tentu anda tidak bisa bebas dari pesaing. Apapun jenis bisnis anda pasti akan anda temukan pesaingnya. Namun, pesaing bukanlah musuh yang harus diperangi. Jika anda mengutamakan Spiritual Marketing, tentu anda akan bersaing secara sehat. Jadi bersaing ya bersaing tapi jangan sampai menjatuhkan. Karena antara anda dan pesaing sama-sama sedang membangun industry bisnis.

== > Akhirnya adalah Spiritual Marketing.

Spiritual Marketing identik dengan puncak bisnis. Maka setidaknya anda telah menyiapkan untuk menggapai puncak keberhasilan dalam berbisnis. Yang dimaksud dengan puncak berbisnis ialah dari tingkatan dari unsur-unsur bisnis yaitu Intelectual Marketing, Emotional Marketing, dan Spiritual Marketing. tidaklah cukup dengan mengandalkan salah satu unsur saja tanpa menggabungkan antara ketiga unsur marketing itu.

Bagaimana menurut anda 5 strategi Menggapai Spiritual Marketing diatas?

Atau mungkin anda punya strategi tambahan yang mencerminkan Spiritual Marketing, silahkan di share di kolom komentar aja langsung ya.

About the Author:

13 Comments

  1. Agus Siswoyo

    Semua yang tertulis memang benar bisa berpengaruh dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun untuk mengecap sukses, selalu ada faktor “invisible hand” yang membedakan hasil satu orang dengan lainnya.

    • ismail

      @Agus Siswoyo, “invisible hand” inilah sebenarnya yang menentukan nasib seseorang, entah sukses ataupun tidak, semua atas kehendak_Nya dengan ukuran usaha yang telah dilakukan.

  2. ismail

    @Darin, Ya semua pakar marketing yang basicnya islam banyak yang telah menerapkan Spiritual Marketing, salah satunya ya Aa Gym itu.

    Soo nunggu apa lagi kalo mau belajar…